Monday, August 24, 2015

Obat Cacing Pasir

Gambar Cacing Pasir
Kesehatan adalah suatu hal yang tak ternilai harganya, walaupun sekedar biduran, pusing, batuk, demam dan bahkan Cuma gatalan pada kulit. Hal tersebut akan sangat mengganggu kita bisa-bisa akan menghabiskan banyak uang untuk mengobatinya.

Kali ini New House akan sharing tentang penyakit cacing pasir, mungkin di antara kita ada yang pernah mengalaminya. Berikut cirri-cirinya; Kulit memerah dengan diameter kira-kira 2-4 mm disertai rasa gatal yang luar biasa. Rasa gatalnya berada di dalam kulit sehingga meskipun kita garuk-garuk tidaklah bisa merubah rasa gatal tersebut. Biasanya terjadi di kaki / tangan. Ini adalah infeksi hari pertama, pada hari berikutnya warna merah akan bergeser atau bahkan berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain, dan bisa memanjang (menjalar).

Biasanya pada hari kelima sudah akan nampak alur seperti kita sedang melukiskan sesuatu di kulit dengan sepidol. Perlu diketahui juga bahwa bekas warna merah tadi akan membentuk seakan trowongan dibawah kulit. Para ahli / dokter menyebutkan bahwa ini penyebabnya adalah larva cacing pasir jenis Ankylostoma braziliense dan Ankylostoma caninum. Entah itu benar atau salah yang jelas jika anda/orang yang anda kenal mengalami hal ini cara pengobatan berikut insyalloh menjadi solusi.

Cara Pengobatan Tradisional:

Petiklah daun beringin kemudian dari pangkal daun yang kita petik akan muncul getah berwarna putih, kemudian langsung saja dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi. Ibarat penyakit tadi sebuah kereta api tolong bagian lokomotif atau ujung yang berwarna merah jangan sampai terlewati, karena dibagian inilah larva cacing (kuman penyakitnya) berada. Usahakan kita menggunakan beringin Jawa bukan beringin Preh. Beringin jawa daunya lebih tipis dan kecil-kecil, jika tumbuh di tempat yang panas agak kekuningan. Sedangkan beringin Preh daunya lebat hijau tua. Ulangi cara diatas satu hari sekali selama 3 hari berturut-turut.

Cara Pengobatan dengan Obat:

Minumlah obat albendazol, obat tersebut bisa didapat di apotik terdekat. Berikut tentang albendazole.

Albendazol berkhasiat membasmi cacing di usus yang hidup sebagai parasit tunggal atau majemuk. Albendazol efektif untuk pengobatan cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk (Trichuris trichiura), cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus), cacing pita (Taenia sp.) dan Strongyloides stercoralis.

Kontra Indikasi:
 

Albendazol menunjukkan sifat teratogenik embriotoksis pada percobaan dengan hewan. Karena itu obat ini tidak boleh diberikan pada wanita yang sedang mengandung. Pada wanita dengan usia kehamilan masih dapat terjadi (15 – 40 tahun), albendazol dapat diberikan hanya dalam waktu 7 hari dihitung mulai dari hari pertama haid.
Komposisi:
Tiap tablet kunyah mengandung albendazol 400 mg.

Cara Kerja: 


Hasil percobaan preklinis dan klinis menunjukkan bahwa albendazol mempunyai khasiat membunuh cacing, menghancurkan telur dan larva cacing. Efek antelmintik albendazol dengan jalan menghambat pengambilan glukosa oleh cacing sehingga produksi ATP sebagai sumber energi untuk mempertahankan hidup cacing berkurang, hal ini mengakibatkan kematian cacing karena kurangnya energi untuk mempertahankan hidup.

Dosis: 


Dosis umum untuk dewasa dan anak di atas 2 tahun :
400 mg sehari, diberikan sekaligus sebagai dosis tunggal. Tablet dapat dikunyah, ditelan atau digerus lalu dicampur dengan makanan.

Pada kasus dimana diduga atau terbukti adanya penyakit cacing pita atau Strongyloides stercoralis, dosis 400 mg albendazol setiap hari diberikan selama tiga hari berturut-turut.

Efek samping: 


Perasaan kurang nyaman pada saluran pencernaan dan sakit kepala pernah terjadi pada sejumlah kecil penderita, tetapi tidak dapat dibuktikan bahwa efek samping ini ada hubungannya dengan pengobatan.

Juga dapat terjadi gatal-gatal dan mulut kering.

Perhatian: 


Hati-hati bila diberikan pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati.
Jangan diberikan pada ibu menyusui.
Sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak di bawah umur 2 tahun.

Cara Penyimpanan: 


Simpan di tempat sejuk dan kering.

Kemasan:
Albendazole 400 mg, kotak 5 blister @ 6 tablet kunyah

ALBENDAZOLE HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Related Post

1 comment:

  1. Istri dan anakq juga pernah terkena cacing pasir macam ini... gatalnya katanya minta ampun... syukur sekarang sudah teratasi

    ReplyDelete