Friday, September 25, 2015

5 Bahaya Sampah Bagi Kesehatan

5 Bahaya Sampah Bagi Kesehatan, pada kesempatan sore hari ini New House ingin bahas tentang sampah dan aspek bahayanya bagi kesehatan manusia terinspirasi dari tayangan televisi lokal yang membahas tentang hal tersebut. Sampah secara sederhana New House artikan sebagai material yang tidak diinginkan oleh makhluk hidup akibat dari aktifitasnya, baik berupa padat, cair maupun gas. 

Sampah
Gambar sampah
Sampah sesuai dengan jenisnya dibagi atas dua macam yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Pertama, sampah organik merupakan sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan alami yang dapat terurai dengan cepat secara alami. termasuk sampah organik adalah sisa-sisa makanan, daun-daunan dan banyak lagi. Paling banyak sumber yang menghasilkan sampah ini adalah pepohonan. Kedua, sampah anorganik yaitu sampah yang dihasilkan dari sumber daya alam tak terbarukan, sampah ini cirinya sulit terurai secara biologis. Contohnya sampah plastik, kaleng, kertas dan lain-lain. Sampah terlebih sampah anorganik merupakan permasalahan terbesar makhluk hidup itu sendiri meskipun adanya sampah sebagai akibat dari aktifitas hidupnya. Tidak hanya manusia, tumbuhan, binatang, alam dan udara pun rusak dibuatnya. 

Pengolahan dan pengendalian sampah anorganik sampai saat ini belum berarti apapun dibandingkan dengan besarnya sampah yang ada di alam ini. Hampir dipastikan setiap rumah tangga dan bahkan kamar manusia disediakan bak tempat sampah, namun hal itu belum cukup berarti apalagi keluar dari kamar dan rumah sampah tersebut paling jauh berada di TPA, setelah di TPA diapakan? Tapi alhamdulillah masih banyak tukang rosokan yang mengambil sebagian sampah meskipun hanya yang bersifat ekonomis. bagaimana yang tidak bernilai? ya pasti menumpuk menjadi gunung sampah. 

Seriring dengan tambah majunya peradaban manusia, sampah tidak semakin tertangani dengan baik. Baik volumenya maupun pengolahannya khususnya masalah sampah anorganik karena sampah ini yang sulit terurai secara alami. New House masih teringat waktu dulu masih banyak masyarakat kita menggunakan daun-daunan sebagai bungkus berbagai hal. Mainan anak pun cukup diproduksi dari pelepah pohon maupun kulit buah. Lain dengan sekarang yang telah didominasi bahan dari plastik. Maka akibat dari banyaknya bahan yang terbuat dari plastik akan banyak pula sampah anorganik yang ada di muka bumi ini. Itu baru dari bahan plastik belum bahan-bahan yang dihasilkan dari kaca dan besi atau yang lainnya.

Status Darurat Sampah seharusnya ditanamkanpada diri kita sebagai manusia yang mutlak membutuhkan hidup sehat dan bersih. Dengan mengurangi pemakaian sampah merupakan hal positif bagi kehidupan. Karena melalui sampah yang tidak ditangani dengan baik akan timbul berbagai macam bahaya kesehatan yang mengancam manusia. 

Sesuai dengan judul postingan siang hari ini, 5 bahaya sampah bagi kesehatan merupakan pengingat kita untuk senantiasa hidup bersih, mengetahui bahaya sampah organik, bahaya sampah anorganik dan mengetahui bahaya sampah plastik terhadap lingkungan. Berikut 5 bahaya sampah bagi kesehatan:
  1. Pemicu tingginya potensi demam berdarah
  2. Pemicu penyakit tifus
  3. Pemicu penyakit kulit
  4. Pemicu penyakit diare dan kolera
  5. Pemicu penyakit kronis seperti kanker, gangguan sistem saraf, bembengkakan hati, hepatitis.
Selain sebagai pemicu penyakit tersebut di atas masih banyak lagi efek negatif bagi kesehatan yang dihasilkan oleh sampah yang tidak ditangani dengan baik dan benar. Penaganan dan/atau pengolahan yang baik dan benar akan meminimalisir potensi bahaya sampah terhadap kesehatan dan justeru akan meningkatkan kualitas kesehatan dan lingkungan sebagaimana yang dimaksudkan Undang-Undang no. 18 Tahun 2008 bab II pasal 4 tentang pengelolaan sampah yang menyebutkan:

UU Pengolahan Sampah
Teks pasal 4
Lantas bagaimana cara pengendalian dan pengolahan yang baik dan benar? Pertama pengendalian, hindari / paling tidak batasi pemakaian bahan atau barang anorganik yang hanya sekali pakai contohnya mengganti kantong plastik dengan keranjang, sosialisasi terhadap anak dan keluarga tentang sampah dan bahayanya agar anak akan lebih peduli dengan sampahnya, mendorong pemerintah agar menciptakan pemusnah sampah yang ideal. Kedua Pengolahan, daur ulang barang yang sudah tidak terpakai, pemilahan sampah organik dan anorganik tentunya harus diiringi komitmen petugas pemerintah dalam hal pemilahan karena yang sering terjadi sudah dipilah namun waktu pengangkutannya dicampur kembali, lakukan pengomposan terhadap sampah organik,  pemusnahan sampah oleh perusahaan ahli (peran pemerintah yang mampu melakukan langkah ini). 

Demikian postingan pada kesempatan kali ini yang dapat New House sharingkan. Sebenarnya panjang sekali bahasan masalah sampah dan marilah kita perpanjang di dalam kotak komentar blog dengan harapan akan dibaca oleh banyak orang sehingga akan menyadarkan kita akan bahaya sampah.

Related Post

11 comments:

  1. Semoga jadi pengingat kepedulian kita terhadap sampah di negeri ini

    ReplyDelete
  2. mari mulai dari diri sendiri untuk peduli sampah

    ReplyDelete
  3. Abdulloh hakim asadi n sayyidati masnunah terimakasih kunjungannya

    ReplyDelete
  4. Segera bentuk bank sampah yg benar2 bisa reuse sampah dalam sekala besar

    ReplyDelete
  5. Segera bentuk bank sampah yg benar2 bisa reuse sampah dalam sekala besar

    ReplyDelete
  6. Mari kita mulai dari sampah domestik masing2, kita kelola...

    ReplyDelete
  7. Sampah plastik bisa jadi uang bernilai ekonomis gan. Sekarang juga sudah banya bank sampah yg bisa beli sampah plastik

    ReplyDelete